Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Lamanya Perawatan Pasien Skizofrenia Dengan Stres Keluarga Di Poli Klinik Jiwa RSUD Indramayu


Skizofreniaadalah salah satupermasalahankesehatanjiwa yang paling banyakterjadi dan merupakanbentukgangguanjiwakronik. Perawatan yang lama pada pasienskiozfreniaumumnyaakanmenimbulkanstres pada keluargaterkaittingginyabeban yang merekatanggung. Tujuan daripenelitianiniuntukmengetahuihubunganlamanyaperawatanpasienskizofreniadenganstreskeluarga di Poli Klinik Jiwa RSUDIndramayu.
Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiananalitikkorelasidenganpendekatancross sectional. Populasi pada penelitianiniyaitukeluargadenganpasienskizofrenia yang berjumlah 448 responden, adapuntekniksampelmenggunakanpurposive samplingsebanyak 207 responden. Instrumenpenelitianmenggunakankuesioner dan dianalisismenggunakan uji Pearson Chi-Square.
Hasil Penelitianinididapatkanbahwasebanyak 120 responden (58,0%) lamanyaperawatan ≥ 4 tahun, dan sebanyak 187 responden (90,3%) mengalamistressedang. Hasil uji statistikdidapatkannilai p-value = 0,366 (p-value > 0,05).
Simpulandaripenelitianinitidakadahubunganantaralamanyaperawatanpasienskizofreniadenganstreskeluarga di Poli Klinik Jiwa RSUD Indramayu. Disarankanuntukpetugaskesehatankhususnyaperawatperlumelakukanpendidikankesehatankepadakeluarga yang merawatpasienskizofreniauntukmengurangistres yang dialamikeluargadalammerawat.

Kitri Hikmawati - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Amelia Septiyani - Personal Name
610.5 SEP H
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2023
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...