Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Penyakit Pneumonia Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Margadadi Kabupaten Indramayu Tahun 2021


Tahun 2021 terdapat jumlah penderita pneumonia di wilayah kerja Puskesmas Margadadi yaitu berjumlah 259 balita beberapa diantaranya menderita pneumonia berat. Kasus pneumonia masih tinggi dikarenakan kondisi lingkungan tempat tinggal, adanya keluarga yang merokok, dan ventilasi rumah yang kurang memadai, serta penularan dari penderita pneumonia yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penanganan penyakit pneumonia pada balita di wilayah kerja Puskesmas Margadadi pada tahun 2021.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian kualitatif adalah metode sebagai cara untuk melakukan pengamatan langsung pada individu dan berhubungan dengan orang-orang tersebut untuk mendapatkan data yang digalinya. Informan dalam penelitian ini berjumlah 2 orang, yaitu 1 orang pemegang program pneumonia di wilayah kerja Puskesmas Margadadi dan 1 orang ibu balita penderita pneumonia.
Hasil dari penelitian ini adalah penanganan penyakit pneumonia pada balita di wilayah kerja Puskesmas Margadadi penanganannya sudah bagus dan mengikuti alur SOP yaitu ke bagian MTBS dan BP Umum, langkah penemuan kasus pneumonia pada balita ini adalah melalui kasus suspek yang diteliti, dan untuk sarana prasarana sudah didukung lengkap oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meskipun penanganan kasus penderita pneumonia sudah baik, namun tanpa dukungan dan sarana yang lengkap tidak akan dapat meningkatkan derajat kesehatan terutama dalam mencegah pneumonia.


Muhamad Fauzi - Personal Name
Wahyudin - Personal Name
Ikka Nurul Fatiha - Personal Name
610.5 FAT g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...