Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Promotif dan Preventif dari BPJS Kesehatan Tahun 2015-2018 (Meta Data Sampel BPJS Kesehatan Tahun 2015-2018)


JKN ialah satu rancangan pemerintah yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan sistem pelayanan kesehatan bagi seluruh tatanan masyarakat, dalam rangka meningkat derajat kesehatan masyarakat melalui perlindungan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN untuk memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pemanfaatan pelayanan promotif dan preventif dari BPJS Kesehatan di Indonesia pada Tahun 2015-2018.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta BPJS Kesehatan Indonesia tahun 2015-2018 yang berjumlah 200.259.147 jiwa, dan menggunakan sampel dari website BPJS Kesetan tahun 2015-2018 sebanyak 4.317.826 peserta. Uji hubungan dalam penelitian ini adalah variabel independen (jenis fasilitas kesehatan, kunjungan fasilitas pelayanan ekonomi dan geografis) variabel dependen Aksesibilitas pelayanan promotif dan preventif dilakukan dengan uji Chi- Square.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara jenis fasilitas kesehatan dengan aksesibilitas pelayanan promotif dan preventif dengan p-value 0.000 ≤ 0.05, kunjungan fasilitas pelayanan kesehatan dengan aksesibilitas pelayanan promotif dan preventif dengan p-value 0.000 ≤ 0.05, Ekonomi dengan aksesibilitas pelayanan promotif dan preventif dengan p-value 0.000 ≤ 0.05 dan Geografis dengan aksesibilitas pelayanan promotif dan preventif dengan p-value 0.000 ≤ 0.05.
Simpulan penelitian ini adalah faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan promotif dan preventif yaitu jenis fasilitas kesehatan, kunjungan fasilitas pelayanan kesehatan, ekonomi dan geografis. Saran untuk FKTP dan Penyelenggara BPJS Kesehatanperlu adanya kerja sama yang baik dengan untuk melakukan informasi dan dilakukan sosialisasi serta promosi kesehatan kepada masyarakat mengenai program BPJS Kesehatan terutama pada pelayanan promotif dan preventif.


Rudiansyah - Personal Name
Depi Yulyanti - Personal Name
Siti Kodijah Nurhalimah - Personal Name
610.5 NUR a
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...