Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan Dengan Upaya Pengendalian Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Indramayu Tahun 2022


Hipertensi adalah terjadinya peningkatan tekanan darah dengan hasil tekanan sistolik meningkat lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik meningkat lebih dari 90 mmHg. Dampak dari hipertensi yang tidak terkontrol antara lain terjadinya komplikasi. Hipertensi merupakan penyakit yang dapat dicegah atau dikendalikan.Pengendalian penyakit hipertensi bertujuan untuk menjaga tekanan darah agar tidak terjadi peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan upaya pengendalian tekanan darah pada pasien hipertensi di poliklinik penyakit dalam RSUD Indramayu.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasional. Populasi penelitian ini yaitu semua pasien yang menderita hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Indramayu pada bulan Januari yang berjumlah 128 pasien dengan jumlah sampel56 responden. Uji analisa data yang digunakan adalah uji chi square.
Hasil penelitian ini diperoleh gambaran pengetahuan pada pasien hipertensi sebanyak 29 (51,8%) dengan pengetahuan cukup, gambaran upaya pengendalian tekanan darah pada pasien hipertensi sebanyak 34 (60,7%) responden dengan upaya pengendalian tekanan darah baik. Hasil analisis diketahui nilai p value 0,000 yang artinya ada hubungan pengetahuan dengan upaya pengendalian tekanan darah pada pasien hipertensi di poliklinik penyakit dalam RSUD Indramayu.
Diharapkan perawat dapat membantu penderita hipertensi dalam meningkatkan pengetahuan penderita melalui pendidikan kesehatan dan meningkatan upaya pengendalian tekanan darah

Wayunah - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Susilawati - Personal Name
610.5 SUS h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...