Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perawatan Metode Kanguru Pada Bayi Berat Lahir rendah Di RSUD Kabupaten Indramayu


Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) adalah berat badan bayi yang lahir kurang dari 2.500 gram, tanpa memandang masa gestasi atau usia kehamila. BBLR berisiko terjadi permasalahan pada sistem tubuh akibat kondisi tubuh yang tidak stabil.Angka kematian bayi di Provinsi Jawa Barat tahun 2019 berjumlah 2.355 kasus. Diikuti Kabupaten Indramayu untuk persentase angka kematian bayi sebesar (7,15%). Proporsi kematian bayi 81% adalah kematian neonatal.Penyebab kematian neonatal tertinggi adalah BBLR sebesar 42% dan asfiksia 19%.Jika ibu memiliki pengetahuan yang baik tentang perawatan metode kanguru, ibu dapat memberikan upaya maksimal dan mencegah meningkatnya kematian BBLR di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang perawatan metode kanguru pada bayi berat lahir rendah di RSUD Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu melahirkan yang mempunyai bayi BBLR yang dirawat di RSUD Kabupaten Indramayu. Sampel pada penelitian berjumlah 51 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposivesampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan ibu tentang PMK pada BBLR sebagian besar atau 78,4% mempunyai pengetahuan baik. Pengetahuan tentang pengertian PMK sebanyak 66,7% termasuk kategori baik, pengetahuan tentang manfaat PMK sebanyak 88,2% termasuk kategori baik, pengetahuan tentang pelaksanaan PMK sebanyak 54,9% termasuk kategori baik.
Saran dari hasil penelitian bahwa diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan informasi tentang perawatan metode kanguru.

Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Novie Rohayati - Personal Name
610.5 ROH g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...