Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Halusinasi Di Poli Jiwa RSUD Kabupaten Indramayu


Kepatuhan minum obat pada pasien halusinasi di Poli Jiwa RSUD Kabupaten Indramayu dapat ditingkatkan dan dikontrol dengan dukungan dari anggota keluarganya. Peneliti melakukan wawancara terhadap 5 pasien halusinasi, terdapat 4 keluarga (80%) mengatakan salah satu alasan pasien tidak minum obat teratur adalah karena tidak mengingatkan pasien untuk minum obat tepat waktu dan tidak membawa pasien untuk kontrol. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien halusinasi di Poli Jiwa RSUD Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Instrumen penelitian dukungan keluarga menggunakan skala likert sedangkan instrumen penelitian kepatuhan minum obat diadopsi dari Medication Adherence Report Scale (MARS). Teknik analisis data menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak sebanyak 67,5% responden memberikan dukungan dengan kategori baik, sebanyak 70% pasien halusinasi patuh minum obat. Hasil uji statisitik nilai probabilitas 0,000 (p value
Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Eli - Personal Name
610.5 ELI h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...