Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kualitas Hidup Pada Lansia Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di Desa Sukahaji


Perubahan kesehatan pada lansia penderita DM tipe 2 dapat menimbulkaan berbagai permasalahan pada kehidupan lansia diantaranya menurunnya kualitas hidup. Kualitas hidup yang kurang baik dapat menyebabkan berkurangnnya perawatann diri yang pada akhirnnya menyebabkan kontrol glikemik memburuk. Salah satu faktor yang menunjang kualitas hidup lansia adalah dukungan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan kualitas hidup pada lansia penderita DM tipe 2.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 53 lansia yang menderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Analisa data menggunakan uji Chi Square .
Hasil penelitian didapatkan bahwa 26 responden mendapatkan dukungan sosial baik, sebanyak 14 responden (46,7%) yang memiliki kualitas hidup yang baik. Sementara dari 27 responden yang memiliki dukungan sosial kurang baik sebanyak 16 (53,3%) memiliki kualitas hidup baik. Hasil uji statistic p value 0,000.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada lansia penderita DM. Diharapkan keluarga, teman, komunitas dapat memberikan dukungan terhadap kualitas hidup pada lansia penderita diabetes mellitus tipe 2 untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.

Kamsari - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Yusriyyah Durrotul Hikmah - Personal Name
610.5 HIK h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...