Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Pengendalian Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu


Latar Belakang :Hipertensi dapat dicegah dengan mengendalikan perilaku berisiko seperti merokok, diet yang tidak sehat seperti kurang konsumsi sayur dan buah serta konsumsi gula, garam dan lemak berlebih, obesitas, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol berlebihan dan stres, Salah satu tindakan dalam pengendalian hipertensi adalah dengan adanya dukungan keluarga untuk mengawasi anggota keluarga dalam program pengendalian tekanan darah. Dukungan keluarga memiliki pengaruh yang besar pada anggota keluarga yang menderita hipertensi.Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode deskriftif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4716 penderita hipertensi dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang yang sesuai dengan kriteria inklusi diambil dengan teknik consecutive sampling.Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dengan analisa data univariat dan bivariat.
Hasil :hasil yang di dapatkan dari dukungan keluarga didapatkan hasil yang baik yaitu 55 (63.2%) orang dengan kategori mendukung dan untuk pengendalian tekanan darah sebanyak yang terkendali sebanyak 44 (50.6%) orang. Berdasarkanhasil uji statistik dengan chi square,maka diperoleh nilai p-value 0,11 (>0.05).
Kesimpulan : tidak terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu.Saran :untuk petugas kesehatan agar lebih memotivasi keluarga untuk memberitahu pentingnya melakukan pengendalian tekanan darah agar tekanan darah dapat terkontrol dengan baik.
Bahan : 3 buku (2010 – 2022) dan 17 jurnal (2004 – 2019)


Riyanto - Personal Name
Bambang Eryanto - Personal Name
Yoan Rahma Melynda - Personal Name
610.5 MEL h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...