Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Teknik Menyusui Yang Benar Di Ruang Gincu 3 Dan 4 RSUD Kabupaten Indramayu


Seorang ibu yang pertama kali melahirkan (ibu primipara) mungkin akan mengalami masalah dalam pemberian ASI karena tidak mengetahui teknik menyusui yang benar. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui gambaranpengetahuanibunifastentangteknikmenyusui yang benar.
Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu nifas primipara.Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden. Pengambilansampelmenggunakanpurposive sampling.Pengambilan data menggunakankuesioner dan analisa data univariat.
Hasil penelitianinimenunjukkanbahwaibunifas di ruangGincu 3 dan 4 RSUD KabupatenIndramayu diketahui sebanyak 15 responden (50,0%) berpengetahuan cukup tentang teknik menyusui yang benar, sebanyak 13 responden (43,3%) berpengetahuan baik tentang perlekatan menyusui, sedangkan yang berpengetahuan baik dan cukup tentang posisi menyusui sebanyak 17 responden (56,7%).
Simpulan penelitian ini, yaitu pengetahuan ibu nifas di ruang Gincu 3 dan 4 RSUD Kabupaten Indramayu tentang teknik menyusui yang benar termasuk dalam kategori Cukup (50,0%). Pihak rumah sakit diharapkan secara berkesinambungan dapat memberikan pendidikan kesehatan tentang teknik menyusui yang benar pada ibu nifas.


Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Urifah - Personal Name
610.5 URI g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...