Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Kader Kesehatan Tentang Hipertensi DI Puskesmas Kandanghaur


Hipertensi telah menjadi penyakit yang mematikan banyak penduduk di negara maju dan negara berkembang yang mengakibatkan peningkatan angka kesakitan (morbiditas) dan angka kematian (mortalitas).Kader kesehatan (the community health worker) adalah anggota masyarakat di mana mereka tinggal dan mengabdi (bekerja).Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pengetahuan kader kesehatan tentang hipertensi di wilayah puskesmas kandanghaur.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling.Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner.Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat.
Pengetahuan kader tentang definisi hipertensi sebanyak 76 (100%)responden memiliki pengetahuan baik. Pengetahuan kader tentang penyebab hipertensi sebanyak 52 (68,4%) responden memiliki pengetahuan baik. Pengetahuan kader kesehatan tentang penyebab hipertensi sebanyak 59 (77,6%) responden memiliki pengetahuan baik. Pengetahuan kader kesehatan tentag pencegahan hipertensi sebanyak 40 (52,6%) responden memiliki pengetahuan baik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dari keseluruhan kader kesehatan di wilayah kandanghaur memiliki pengetahuan baik, Saran dari peneliti yaitu diharapkan kader kesehatan bisa lebih aktif lagi dalam memberikan edukasi-edukasi untuk masyarakat guna menambah pengetahuan dan menekan angka kejadian hipertensi.


Riyanto - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Sugeng Purnama - Personal Name
610.5 PUR g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...