Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Intensitas Penggunaan Gawai Dengan Pola Tidur Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di UPTD SDN 1 Balongan


Fenomena yang terjadi di area lingkungan pada saat peneliti melakukan penelitian ternyata masih banyak anak-anak yang bermain gawai untuk kepentingan bermain game tetapi masih banyak juga orangtua yang membatasi anak untuk bermain gawai. Penggunaan gawai mempunyai dampak positif dan negatif yang mungkin disebabkan oleh penggunaan gawai yang baik atau tidak baik. Pola tidur sebagai model atau corak tidur dalam jangka waktu yang relatif menetap serta meliputi jadwal jatuh tidur dan bangun, irama tidur, frekuensi tidur dalam sehari, mempertahankan kondisi tidur dan kepuasan tidur. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahuinya hubungan antara intensitas penggunaan gawai dengan pola tidur pada anak usia sekolah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak usia sekolah yang memiliki gawai atau gawai milik orangtuanya di UPTD SDN 1 Balongan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 responden yang diambil dengan menggunakan teknik total populasi. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Chi Square.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa intensitas penggunaan gawai dengan kategori baik sebanyak 39 responden (55,7%), pola tidur pada anak dengan kategori terbanyak yaitu baik sebanyak 37 responden (52,9%). Hasil analisis lanjut diketahui p- value = 0,001 < α=0,05.
Simpulan dari intensitas penggunaan gawai dengan pola tidur anak usia sekolah yaitu Ha diterima artinya ada hubungan antara intensitas penggunaan gawai dengan pola tidur. Saran bagi institusi pendidikan tentang menerapkan peraturan yang tidak memperbolehkan siswa nya untuk membawa gawai di lingkungan sekolah, dan bagi orangtua tetap memperhatikan anak dalam penggunaan gawai.

Titin Hidayatin - Personal Name
Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Sinta Oktaviani - Personal Name
610.5 OKT h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...