Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Perawat Dalam Penanganan Awal Pasien Cedera Kepala Di Ruang IGDRumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu dan RSUD M.A Sentot Patrol


Cedera kepala adalah suatu kerusakan pada kepala, bukan bersifat kongenital ataupun degeneratif, tetapi disebabkan oleh serangan/benturan fisik dari luar, yang dapat mengurangi atau mengubah kesadaran yang dapat menimbulkan kerusakan kemampuan kognitif dan fungsi fisik.Cedera kepala merupakan salah satu penyebab kematian dan kecacatan utama pada kelompok usia produktif dan sebagian besar terjadi akibat kecelakaan lalu lintas. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan perawat dalam penanganan awal pada pasien cedera kepala di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Indramayu dan RSUD Pantura M.A Sentot Patrol.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptifkuantitatifdengan pendekatan croos sectional. Populasi dari penelitian ini adalah 44 responden, pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner.Analisis data menggunakan univariat.
Hasil penelitian ini didadapatkan karakteristik dari 42 responden berdasarkan usia yaitu dewasa awal 21 (50.0%) berpengetahuan cukup, responden dengan jenis kelamin laki-laki 26 (61,9), responden berpendidikan tinggi 25 (59,5%), responden dengan pengalaman kerja lama dan baru 21 (50,0%), responden dengan sumber informasi yaitu 42 (100%). Pengetahuan responden berdasarkan usia yaitu 19 (45.2%) cukup, berdasarkan pendidikan 16 (51.6%) cukup, pengalaman kerja 19 (61,3%) cukup, sumber informasi 31 (73,8%) cukup.
Simpulan dalam penelitian ini yaitu pengetahuan perawat dalam penanganan awal pasien cedera kepala di ruang IGD RSUD Indramayu dan RSUD M.A Sentot patrol dalam kategori cukup. Saran untuk peneliti selanjutnya perlu adanya penelitian tentang faktor-faktor yang mempengari pengetahuan perawat IGD dalam penanganan awal pada pasien cedera kepala dengan metode kualitatif.

Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Novi Dwi Irmawati - Personal Name
Risyanto - Personal Name
610.5 RIS g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...