Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Resiliensi Pada Pasien HIV/AIDS Di Poli Mawar RSUD Kabupaten Indramayu


Pada penderita HIV/AIDS rentan mengalami gangguan psikologis sebagai konsekuensi logis atau efek dari virus. Penyebaran yang cepat, adanya stigma, dan timbulnya diskriminasi terhadap penderita dapat menimbulkan keadaan stress/gangguan psikologis pada penderita tersebut. Kemampuan bangkit dan mengatasi masalah pada ODHA disebut resiliensi. Resiliensi yang tinggi pada ODHA diperlukan agar meningkatkan rasa percaya diri dari sikap optimis dalam menjalani kehidupan terutapa pengobatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran resiliensi pada pasien HIV/AIDS di Poli Mawar RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2022.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sampel pada penelitian ini sebanyak 48 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Penelitian ini menggunakan kusioner Brief Resilience Scale.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 48 responden memiliki kategori resiliensi rendah sebanyak 26 (54,2%) dan sebanyak 22 (45,8%) memiliki resiliensi normal.
Simpulan pada penelitian ini yaitu sebanyak 26 pasien HIV/AIDS di Poli Mawar memiliki resiliensi yang rendah. Diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk memberikan motivasi dan dukungan pada pasien HIV/AIDS agar memiliki resiliensi yang tinggi.

Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Putri Ayu Megah Berlian - Personal Name
610.5 BER g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...