Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Tingkat Depresi Caregiver Dalam Merawat Pasien Dengan Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Bugis


Caregiver dituntut menggunakan sebagian besar waktunya merawat ODGJ danmempunyai beban depresi yang dapat mempengaruhi dirinya sendiri, dalam artisemakin tinggi beban yang dirasakan dalam merawat pasien, maka semakin tinggi depresi yang dialami. Kondisi yang dihadapi keluarga khususnya caregiver akanmempengaruhi kondisi kesehatannya. Oleh karena itu penanganan masalah yang dialamiolehcaregiverperlumenjadiperhatianbersama.Penelitianbertujuanmengetahui gambaran tingkat depresi caregiverdalam merawat pasien dengangangguanjiwa.
Penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel sebanyak 59 responden.Teknikpengambilansampelyaitutotalsampling.Instrumenpenelitianinimenggunakanlembarkuesioner.Analisadatamenggunakananalisaunivariat.
Hasilpenelitiansebanyak14caregiver(23,3%)dalamkategoriminimal,sebanyak22caregiver(36,7%)dalamkategoridepresiringan,sebanyak20caregiver (33,3%) dalam kategori sedang dan sebanyak 3 (5,0%) dalam kategoriberat.
Simpulandaripenelitianinitingkatdepresicaregiverdalammerawatpasiendengan gangguan jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Bugis dalam kategori ringan.Hasilinidapatdijadikandatadasarbagi pelayanankesehatansebagai upayapenanganandepresipadacaregiver.

Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Nur Solehah - Personal Name
610.5 SOL g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...