Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Kelengkapan Imunisasi Dasar Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener


Stunting merupakan kekurangan asupan gizi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah bayi lahir sampai balita. Sehingga anak akan bertubuh pendek dari anak normal yang seusianya. Anak yang telah diberikan imunisasi dasar lengkap dapat mencegah terjadinya stunting, Sehingga kelengkapan imunisasi dasar lengkap merupakan cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang supaya tidak terkena penyakit tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kelengkapan imunisasi dasar dengan kejadian stunting pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener.
Penelitian ini menggunakan metode: deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi penelitian ini adalah seluruh anak balita yang berusia >2-5 tahun, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 93 responden. Instrumen penelitian menggunakan lembar checklist dan analisis menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 93 responden yang imunisasi dasar lengkap sebanyak 52 (55.9%) responden yang normal dan imunisasi dasar tidak lengkap lengkap sebanyak 41 (44.1%) responden yang mengalami stunting. Hasil data analisis menunjukan bahwa p value 0.000 < α 0.05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara imunisasi dasar lengkap dengan kejadian stunting pada balita di wilayah kerja puskesmas lohbener.Saran dari hasil penelitian ini diharapkan agar memberikan penyuluhan dan mengikut sertakan pelatihan di setiap desa, memberikan pendidikan kesehatan kepada kader posyandu, agar dapat membatu petugas kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan terkait stunting dan imunisasi dasar lengkap.

Titin Hidayatin - Personal Name
Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Nelly Dinda Versanti - Personal Name
610.5 VER h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...