Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Dukungan Keluarga Dalam Kepatuhan Pembatasan Cairan Pada PAsien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Terapi Hemodialisa Di RSUD Kabupaten Indramayu


Dukungan keluarga merupakan suatu bentuk hubungan interpersonal yang meliputi sikap, tindakan dan penerimaan terhadap anggota keluarga.Dukungan keluarga sangat diperlukan pasien GGK untuk membantu dalam menjalani pembatasan cairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu gambaran dukungan keluarga dalam kepatuhan pembatasan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa di RSUD kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa di RSUD kabupaten Indramayu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 62 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data di analisis menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dukungan keluarga dalam kepatuhan pembatasan cairan sebanyak 34 (54,8%) responden dikategorikan mendukung, dukungan Instrumental keluarga sebanyak 46 (74,2%) responden dikategorikan mendukung, dukungan informasional sebanyak 34 (54,8%) responden dikategorikan mendukung, dukungan penilaian sebanyak 33 (53,2%) responden dikategorikan tidak mendukung dan dukungan emosional sebanyak 37 (59,7%) responden dikategorikan mendukung.
Dukungan keluarga dalam kepatuhan pembatasan cairan dapat dikatakan dalam kategori mendukung. Keluarga diharapkan untuk mempertahankandukungan keluarga dan meningkatkan dukungan penilaian keluarga terhadap pembatasan cairan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa

Bambang Eryanto - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Melinia Azkal Azkiya - Personal Name
610.5 AZK g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...