Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kekambuhan Pada Pasien Skizofrenia Di Poli Klinik Jiwa RSUD Kabupaten Indramayu


Salah satu permasalahan kesehatan jiwa yang paling banyak terjadi yaitu skizofrenia. Pada pasien skizofrenia tidak sedikit yang mengalami kekambuhan sehingga harus dirawat kembali dalam jangka waktu yang lama.Tujuandaripenelitianiniuntukmengetahuihubungandukungan keluarga dengan kekambuhan pada pasien skizofrenia di Poli Klinik RSUDKabupatenIndramayu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatancross sectional. Populasi pada penelitian iniyaitu keluarga dengan pasien skizofrenia yang berjumlah408responden,adapun tekniksampelmenggunakanpurposive samplingsebanyak199responden.Instrumenpenelitianmenggunakankuesionerdan dianalisis menggunakan ujiChi Square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 38,2% responden yang mengalami dukungan keluarga yang baik dengan kekambuhan yang tinggi, dan sebanyak 28,6% responden mengalami dukungan keluarga yang kurang dengan kekambuhan yang tinggi. Hasil uji statistik didapatkan nilai P-value = 0,108 (p-value> 0,05).
Simpulandaripenelitianinitidak adahubunganantara dukungan keluarga dengan kekambuhan pada pasien skizofrenia di Poli Klinik Jiwa RSUDKabupatenIndramayu.Disarankan untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan metode yang lebih spesifik, sehingga bisa mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kekambuhan pada pasien skizofrenia tergali lebih dalam.

Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Indah Haryati Salamah - Personal Name
610.5 SAL h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...