Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Beban Caregiver Dalam Merawat Pasien Gangguan Jiwa Di wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang


Pasien gangguan jiwa memerlukan dukungan dari orang lain terutama caregiver sebagai orang yang merawat. Tanggung jawab merawat pasien gangguan jiwa seringkali menimbulkan tekanan dan beban bagi caregiver.Beban yang dirasakan caregiver dapat menimbulkan kelelahan fisik, stress psikologis, bahkan depresi yang dapat mempengaruhi juga pada perawatan pasien.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran beban caregiver dalam merawat pasien gangguan jiwa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.Populasi pada penelitian ini adalah caregiver yang merawat pasien gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Jatibarang.Sampel penelitian sebanyak 130 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling.
Hasil penelitian sebanyak 8 (6,2%) caregiver tidak ada beban, 93 (71,5%) kategori beban ringan, 28 (21,5%) kategori beban sedang, dan 1 (0,8%) kategori beban berat. Diketahui sebanyak 93 (72,7%) responden dengan usia ≥ 26 tahun memiliki beban ringan, sebanyak 50 (80,6%) caregiver berjenis kelamin perempuan memiliki beban ringan, sebanyak 82 (73,2%) responden berpendidikan SD memiliki beban ringan, sebanyak 48 (78,7%) IRT memiliki beban ringan.
Simpulan pada penelitian ini yaitu beban caregiver dalam merawat pasien gangguan jiwa dalam kategori beban ringan.Diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk memberikan penanganan terkait beban yang dirasakan oleh caregiver.


Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Friskyla Regita Farery Dwiyati - Personal Name
610.5 DWI g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...