Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Karakteristik Ibu Bersalin Dengan Ketuban Pecah Dini Di RSUD Kabupaten Indramayu


Ketuban pecah dini (KPD) dapat menimbulkan permasalahan bagi ibu dan janin. Kasus KPD di RSUD Kabupaten Indramayu masih tinggi sebanyak 268 kasus dari bulan Januari sampai dengan Maret 2022. Kejadian KPD dapat disebabkan karena karakteristik dari ibu bersalin seperti usia, paritas, usia gestasi, riwayat KPD sebelumnya, dan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik ibu bersalin dengan ketuban pecah dini Di RSUD Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan retrospektif dan analisa data yang digunakan analisa univariat. Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu bersalin dengan KPD di RSUD Kabupaten Indramayu sampel pada penelitian ini sebanyak 73 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar Checklist.
Hasil penelitian ini yaitu dari 73 responden ibu bersalin dengan KPD, presentase Karakteristik usia ibu sebanyak 52 responden (71.2%) berada pada rentang usia 20-35 tahun, Karaktersitik paritas sebanyak 57 responden (78.1%) memiliki status paritas multipara (2-5 anak), karakteristik usia gestasi 62 responden (84,9%) dengan usia gestasi ≥ 37 minggu, karaktersitik riwayat KPD sebelumnya 37 responden (50.7%) mempunyai riwayat KPD, karaktersitik pekerjaan sebanyak 63 responden (86.3%) tidak bekerja.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu gambaran karakteristik ibu bersalin dengan ketuban pecah dini usia 20-35 tahun, paritas multipara 2-5 anak, usia gestasi ≥ 37 minggu, memiliki riwayat KPD, dan sebagian besar tidak bekerja hanya IRT. Saran peneliti dengan mengetahui gambaran karakteristik ibu bersalin dengan KPD diharapkan suami, keluarga, tenaga kesehatan yang terdekat dengan ibu bersalinlebih memperhatikan kondisi kesehatan ibu hamil.

Bahan Bacaan : 16 Buku (2009-2021) 21 Jurnal (2018-2022)
Kata Kunci : Karakteristik Ibu Bersalin, Ketuban Pecah Dini.

Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Eya Surtiana - Personal Name
610.5 SUR g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...