Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Perawat Tentang Initial Assessment Di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kabupaten Indramayu Dan RSUD M.A Sentot Patrol


xiv + 76 Halaman + 8 Tabel + 1 Gambar + 14 Lampiran

Initial Assesment atau pengkajian awal adalah tahap pertama proses keperawatan khususnya keperawatan gawat darurat untuk pasien pertama dibawa ke ruang instalasi gawat darurat (IGD) dan penilaian awal yang memfokuskan pada pengkajian primary survey dan secondary survey. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan perawat tentang initial assessment di ruang IGD RSUD Kabupaten Indramayu dan RSUD M.A Sentot Patrol.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana di RSUD Kabupaten Indramayu dan RSUD M.A Sentot patrol, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 39 perawat. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat.
Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan perawat tentang initial assessmentsebanyak 34 responden (87,2%) dengan kategori pengetahuan baik,pengetahuan perawat tentang initial assessmentberdasarkan usia dewasa awal sebanyak 19 responden (95,0%) dengan kategori pengetahuan baik, pengetahuan perawat tentang initial assessment berdasarkan tingkat pendidikan sebanyak 16 responden (80,0%) dengan kategori pengetahuan baik, pengetahuan perawat tentang initial assessment berdasarkan lama kerja > 5 tahun sebanyak 18 responden (85,7%) dengan kategori pengetahuan baik dan pengetahuan perawat tentang initial assessment berdasarkan pelatihan sebanyak 34 responden (87,2%) dengan kategori pengetahuan baik.
Simpulan dalam penelitian ini adalah pengetahuan perawat tentang initial assessment dengan kategori baik. Saran dalam penelitian ini perawat harus lebih meningkatkan pengetahuannya tentang initial assessment karena sangat penting untuk penilaian awal bagi pasien dengan kegawatdaruratan yang masuk ke IGD diberikan penanganan yang cepat dan tepat agar dapat menyelamatkan nyawa pasien.

Kata Kunci : Initial Assessment, IGD danPengetahuan Perawat
Bahan bacaan : 15 Buku (2009-2020), 7 Jurnal (2017-2020)

Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Novi Dwi Irmawati - Personal Name
Dhiah Nurjanah - Personal Name
610.5 NUR g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...