Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Kebisingan Terhadap Stres Kerja Pada Tenaga Kerja


Menurut ILO, setiap tahun ada lebih dari 250 juta kecelakaan di tempat kerja dan 160 juta pekerja menjadi sakit karena bahaya di tempat kerja. Terlebih lagi 1,2 juta pekerja meninggal akibat kecelakaan dan sakit di tempat kerja. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebisingan terhadap stres kerja pada tenaga kerja.
Jenis penelitian adalah literatur review dengan metode sistematik review, kriteteria inklusi yaitu artikel dengan rentan waktu 2010-2020, kata kunci yang digunakan yaitu kebisingan, stres kerja, tenaga kerja, sumber pencarian artikel yaitu google scholar, Portal Garuda, DOAJ, SAGE Publication, dan Open Knowledge Map. Subyek penelitian pekerja industri Indonesia yang mengalami stres kerja. Jenis artikel orginal artikel penelitian dalam bentuk full text dengan metode cross sectional. Jenis jurnal yaitu jurnal terakreditasi dan tidak terakreditasi, hasil analisa sintesis didapat 6 artikel yang menyebutkan bahwa terdapat pengaruh kebisingan terhadap stres kerja pada tenaga kerja.
Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh kebisingan terhadap Stres kerja pada tenaga kerja
Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengaruh kebisingan terhadap Stres kerja pada tenaga kerja. Persepsi buruk terhadap kebisingan dapat mengakibatkan peningkatan dalam level Stres yang dimiliki tenaga kerja. Kebisingan juga dapat berpengaruh pada kesehatan dengan Stres kerja.Saran maka untuk para pekerja agar selalu menjaga kesehatannya pada saat bekerja serta menggunakan alat pelindung diri yang telah disediakan.


Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Wahyudin - Personal Name
Novi Vikana - Personal Name
610.5 VIK p
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...