Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Bidan Terhadap Tindakan Bidan Dalam Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Pada Ibu Bersalin


Berdasarkan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2017. Angka Kematian Bayi (AKB) menunjukkan 24 per 1000 kelahiran hidup, Angka Kematian Neonatus (AKN) sebesar 15 per 1000 kelahiran hidup, dan Angka Kematian Balita (AKABA) 32 per 1000 kelahiran hidup, akan tetapi, angka kematian neonatus, bayi dan balita diharapkan akan terus mengalami penurunan. Intervensi-intervensi yang dapat mendukung kelangsungan hidup anak ditujukan untuk dapat menurunkan AKN menjadi 10 per 1000 kelahiran hidup dan AKB menjadi 16 per 1000 kelahiran hidup di tahun 2024. Sementara, sesuai dengan target pembangunan berkelanjutan, AKABA diharapkan dapat mencapai angka 18,8 per 1000 kelahiran hidup di tahun 2030. Beberapa tahun ini, pemerintah mulai gencar mensosialisasikan pemberian IMD sejak satu jam pertama kelahiran bayi untuk usia 0-6 bulan. Upaya ini mendapat dukungan yang sangat baik serta cakupan yang luas, salah satunya adalah dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Bidan Terhadap Tindakan Bidan dalam Inisiasi Menyusu Dini Pada Ibu Bersalin.
Metode penelitian ini menggunakan systematic literatur review yaitu terdapat 6 artikel, dilakukan melalui mesin pencari google scholar menggunakan bahasa indonesia, dalam pemilihan artikel peneliti menggunakan kriteria inklusi yaitu tema isi artikel, rentang waktu, tahun terbit, bahasa, subyek, metode, sampel dan jenis artikel, untuk kriteria eksklusi antara lain tema isi artikel, jangka waktu, jenis artikel
Hasil penelitian didapatkan bahwa 4 artikel yang menyatakan ada pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap tindakan IMD pada ibu bersalin sedangkan 2 penelitian yang menyatakan tidak ada pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap tindakan IMD pada ibu bersalin.
Kesimpulan pada penelitian antara lain terdapat pengaruh pengetahuan dan sikap bidan terhadap tindakan bidan dalam IMD pada ibu bersalin, saran untuk bidan dapat menambah pengetahuan dan sikapnya dengan mengikuti pendidikan tinggi, pelatihan, workshop, seminar dan mencari informasi mengenai IMD.
Wibin Pangestu
Heri Sugiarto - Personal Name
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Wibin Pangestu - Personal Name
610.5 PAN p
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...