Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2


Pada tahun 2016 WHO menyebutkan ± 1,6 juta orang meninggal akibat penyakit DM. Menurut IDF terdapat sekitar 90% semua penderita DM di dunia yaitu karena faktor gaya hidup. Indonesiamenempati peringkat ke-7 dunia dengan jumlah penderita DM 10,7 juta per 1000 penduduk. Berdasarkan hasil Riskesdas 2013 dan 2018 penderita DM di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 11,3 juta penderita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan kejadian penyakit diabetes mellitus tipe 2.
Jenis penelitian yaitu literature review dengan metode systematic review. Populasiyaitu seluruh penduduk Indonesia dan sampel minimal 30 responden.Proses analisis artikel menggunakan teknik mencari kesamaan, ketidaksamaan, memberikan pandangan, membandingkan dan meringkas.
Hasil penelitian didapatkan ada hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan kejadian penyakit DM tipe 2. Adanya hubungan dilihat daribeberapa penelitian yang menyatakan bahwa masyarakat yang menderita DM tipe 2 diakibatkan oleh pola makan yang buruk dan rendahnya dalam melakukan aktivitas fisik.
Simpulan dari penelitian ini yaitu semakin buruk masyarakat dalam mengatur pola makan dan semakin rendah dalam melakukan aktivitas fisik maka semakin berisiko untuk terkena penyakit DM tipe 2. Masyarakat diharapkan agar selalu memperhatikan pola makannya dengan menerapkan 3J(Jumlah, Jenis dan Jadwal makan), serta meningkatkan aktivitas fisik 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit.


Nanang Antoni
Muhamad Fauzi - Personal Name
Wahyudin - Personal Name
Nanang Antoni - Personal Name
610.5 ANT h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...