Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Dengan Upaya Pencegahan Tuberkulosis Paru Pada Kepala Keluarga


Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi disebabkan karena bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis. Menurut Data WHO Tahun 2020, bahwa penyakit TB merupakan salah satu dari 10 penyebab kematian diseluruh dunia. Tahun 2019 sekitar 10 juta orang menderita penyakit TB dan 1,4 juta meninggal dunia. Angka insiden tuberkulosis di Indonesia pada tahun 2018 sebesar 316 per 100.000 penduduk dan angka kematian penderita tuberkulosis sebesar 40 per 100.000 penduduk. Peningkatan kasus terbanyak dirinci dari wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan seseorang dalam menentukan keberhasilan pencegahan suatu penyakit khususnya penyakit tuberkulosis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untukmengetahui hubungan tingkatpengetahuan dan sikap dengan upaya pencegahan tuberkulosis paru pada Kepala Keluarga.
Jenis penelitian ini menggunakan studiliteratur reviewdengan metode systematicreview. Jumlah artikel yang direview sebanyak 5 artikel.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dari 5 artikel, yang menyatakan ada hubungan pengetahuan dengan upaya pencegahan penyakit tuberkulosis sebanyak 5 artikel. Sedangkan artikel yang menyatakan ada hubungan sikap dengan upaya pencegahan penyakit tuberkulosis sebanyak 4 artikel dan menyatakan tidak ada hubungan sebanyak 1 artikel.
Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa semakin baik pengetahuan seseorang dalam melakukan upaya pencegahan tuberkulosis maka semakin rendah seseorang untuk terkena atau tertular penyakit TB. Semakin mendukung sikap seseorang dalam melakukan upaya pencegahan tuberkulosis maka akan menolak seseorang untuk terkena atau tertular penyakit TB. Saran untuk kepala keluarga seharusnya dapat memberi contoh bagi keluarganya agar mau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam hal-hal yang dapat mencegah penyakit TB, sehingga dapat mengurangi angka kejadian penyakit TB paru di masyarakat.

Erni
Heri Sugiarto - Personal Name
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Erni - Personal Name
610.5 ERN h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...