Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Perilaku Merokok Keluarga Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita


UNICEF menyebutkan bahwa pneumonia dan diare membunuh 1,4 juta anak setiap tahun, yang berarti angka kematian anak yang diakibatkan oleh pneumonia masih tinggi. jumlah penderita pneumonia di Indonesia dari tahun 2009-2014 berkisar antara 20%-30%. Pada tahun 2018 terjadi peningkatan menjadi 56,5%, dimana pada tahun 2017 sebesar 51,2%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku merokok keluarga dengan kejadian pneumonia pada balita.
Jenis penelitian ini menggunakan literaturereviewdengan metode systematicliteraturereview. Jumlah artikel yang diriview sebanyak 8 artikel.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dari 8 artikel, yang menyatakan ada hubungan antara Perilaku Merokok Keluarga dengan Kejadian Pneumonia pada Balita sebanyak 7 artikel, dan yang menyatakan tidak ada hubungan antara Perilaku Merokok Keluarga dengan Kejadian Pneumonia pada Balita sebanyak 1 artikel.
Simpulan daripenelitian ini yaituada hubungan antara perilaku merokok keluarga dengan kejadian pneumonia pada balita. Saran untuk anggota keluarga khususnya yang memiliki balita untuk tidak merokok didalam rumah atau didekat balita untuk mencegah terjadinya pneumonia pada balita.


Devia Sari
Muhamad Fauzi - Personal Name
Wahyudin - Personal Name
Devia Sari - Personal Name
610.5 SAR h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...