Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pernikahan Dini


Indonesia pada tahun 2008 sampai dengan 2018 tren pernikahan remaja perempuan sebelum usia 18 tahun mengalami penurunan namun tidak begitu signifikan dari angka 14,67% turun menjadi 11,21%. Sehingga masih sekitar 1 dari 9 remaja perempuan atau sekitar 1,2 juta jiwa melangsungkan pernikahan pertamanya sebelum berusia 18 tahun. Dampak yang ditimbulkan akibat pernikahan dini lebih banyak dialami oleh perempuan, diantaranya yaitu komplikasi pada saat kehamilan, hilangnya kesempatan mendapatkan pendidikan, kekerasan dalam rumah tangga dan kemiskinan. Serta dampak laindari aspek kesehatan, aspek ekonomi, aspek psikologis, aspek pendidikan dan aspek kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang memengaruhi pernikahan dini.Jenis penelitian yaitu literature review.metodesystematic literature review. Jumlah artikel yang direview sebanyak 5 artikel.Proses pencarian artikel menggunaan search enginegoogle scholar. Analisis artikel menggunakan teknik compare diantara beberapa literature yang selanjutnya diambil kesimpulan.
Hasil penelitian menujukan bahwa faktor pengetahuan dan sikap remaja berpengaruh terhadap pernikahan dini. Didapatkan 4 artikel yang membahas faktor pengetahuan, menyatakan ada pengaruh antara pengetahuan terhadap pernikahan dini, dan 3 artikel yang membahas faktor sikap, menyatakan ada pengaruh antara sikap terhadap pernikahan dini.
Simpulan penelitian ini yaitudari 5 artikel yang membahas faktor pengetahuan dan sikap menyatakan bahwa ada pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap penikaan dini. Saran diharapakan penelitian ini dapat memotivasi masyarakat khususnya remaja untuk menambah pengetahuan tentang pernikahan usia dini dan dampaknya, serta mengerti bagaimana sikap yang tepat untuk mencegah pernikahan dini.

Aldi Pristy Ghamely Septiawan
Heri Sugiarto - Personal Name
Depi Yulyanti - Personal Name
Aldi Pristy Ghamely Septiawan - Personal Name
610.5 SEP f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...