Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Dengan Tindakan Suction Pada Pasien Yang Terpasang Endotracheal Tube (ETT) Di Ruang Intensive Care Unit (ICU)


Pasien gagal nafas yang terpasang Endotracheal Tube (ETT) akanmengalami penurunan reflek batuk sehingga terjadi peningkatan produksi sekret atau dahak di jalan nafas. Pembersihan sekret dapat dilakukan dengan tindakan suction.Tindakan suction dengan prosedur yang tepat dapat dipengaruhi oleh pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat dengan tindakan suction pada pasien terpasang endotracheal tube di ruang ICU.
Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review dan prosedur yang digunakan dalam pencarian artikel menggunakan diagram PRISMA, Artikel dipilih melalui screeningsesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu tahun 2011 s.d 2021.
Hasilberdasarkan 5artikel yang direviewdidapatkan 4 artikelmengatakan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan perawat dengan tindakan suctionsedangkan 1 artikel mengatakan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan perawat dengan tindakan suction diruang ICU.
Kesimpulan tingkat pengetahuan perawat di ruang ICU berhubungan dengan tindakan suction.Semakin baik tingkat pengetahuan perawat maka akan semakin baik tindakan suction pada pasien di ruang ICU. Saran ditujukan untuk perawat agar menggunakan aspek pengetahuan dalam memberikan tindakan suction baik dan benar sesuai prosedur yang di terapkan di rumah sakit.

Syarif Ibrahim
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Novi Dwi Irmawati - Personal Name
Syarif Ibrahim - Personal Name
610.5 IBR h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...