Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor - faktor Yang Berhubungan Dengan (Respon Time) Pasien Di Instalasi Gawat Darurat


Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan bagian dari pelayanan kesehatan kegawatdaruratan. Meningkatnya kunjungan pasien ke IGD mempengaruhi mutu pelayanan di IGD, Salah satu indikator mutu pelayanan di Intalasi Gawat Darurat adalah waktu tanggap. Waktu tanggap merupakan waktu yang dibutuhkan pasien untuk mendapatkan pertolongan yang sesuai dengan kegawatdaruratan penyakitnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan waktu tanggap (respon time).
Metode:yang digunakan dalam ini adalah systematicliterature review dan prosedur yang digunakan dalam pencarian artikel menggunakan diagram PRISMA, Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu tahun 2011 s.d 2021.
Hasil:Berdasarkan 4 artikel penelitian yang didapatkan menunjukan masa kerja dan beban kerja berhubungan dengan waktu tanggap (respon time) di instalasi gawat darurat dan pendidikan, pelatihan dan sarana prasarana tidak ada hubungan dengan waktu tanggap (respon time) di instalasi gawat darurat.
Kesimpulan : Berdasarkan artikel diketahui masa kerja dan beban kerjaberhubungan dengan waktu tanggap (respon time) di instalasi gawat darurat. Sedangkan pendidikan, pelatihan dan sarana dan prasarana tidak berhubungan dengan waktu tanggap (respon time) di instalasi gawat darurat. Saran: ditujukan untuk perawat di IGD untuk meningkatkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan pada pasien terutama dalam pelayanan waktu tanggap yang akan diberikan tindakan perawatan.

Niko Najmudin
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Novi Dwi Irmawati - Personal Name
Niko Najmudin - Personal Name
610.5 NAJ f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...