Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat ARV Pada ODHA


Pendahuluan ARV merupakan terapi untuk penderita HIV AIDS. Obat ARV tidak bisa menyembuhkan HIV secara menyeluruh, namun dapat mengurangi jumlah virus dalam tubuh penderita, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada ODHA, sehingga penderita HIV AIDS harus minum obat ARV dengan teratur. Dukungan keluarga berkontribusi positif terhadap kepatuhan penderita HIV AIDS dalam mengonsumsi obat ARV. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat ARV pada ODHA.
Metode penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian dan seleksi literatur berdasarkan Prefered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (PRISMA). Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2010 s.d 2020.
Hasil berdasarkan 4 artikel penelitian yang didapatkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat ARV pada ODHA.
Simpulan:penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Untuk mencapai tingkat kepatuhan minum obat ARV diperlukan dukungan dari keluarga. Saran bagi keluarga dengan anggota keluarga yang terdiagnosa HIV AIDS untuk dapat memberikan dukungan seperti dukungan emosional, dukungan spiritual dan dukungan informasi. sebaiknya dapat memberikan perhatian dan dukungan dalam hal apapun agar meminimalkan ketidakpatuhan ODHA dalam minum obat ARV.

Yuliyanah
Heri Sugiarto - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Yuliyanah - Personal Name
610.5 YUL h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...