Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Kepatuhan Mahasiswa Program Studi Sarjana keperawatan STIKes Indramayu Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Saat Praktik Klinik Di Rumah Sakit


Praktik klinikmerupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa keperawatan untuk menerapkan teori keperawatan dan mengintegrasikan pengetahuan teoritis dan keterampilan dalam praktik klinik di rumah sakit. Kegiatan praktik klinik di rumah sakit mahasiswa keperawatan di wajibkan untuk menggunakan APD dengan lengkap. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kepatuhan mahasiswa terhadap penggunaan alat pelindung diri pada saat praktik klinik di rumah sakit.
Metode penelitian ini yaitukuantitatifdengan desain deskriptif. Populasi penelitian yaitu mahasiswa Keperawatan STIKes Indramayu. Sampelpenelitian yaitu mahasiswa semester 6 dan 8 yang sudah melaksanakan praktik blajar klinik sebelum pandemi Covid-19 sebanyak 114 responden. Taknik sampling menggunakan proporsional random sampling dimana pengambilan sampel dengan memperhatikan proporsi semester 6 dan 8.
Hasil penelitian didapatkan dari 114 responden, sebanyak 62 responden (54,4%) berperilaku patuh dalam menggunakan APD(masker dan handscoon) dan 52 responden (45,6%) berperilaku tidak patuh dalam menggunakan APD. Berdasarkan kepatuhan penggunaan masker sebanyak 56 (49,1%) patuh dalam penggunaan masker dan 58 (50,9%) tidak patuh dalam penggunaan masker. Berdasarkan kepatuhan penggunaan Handscoon didapatkan hasil sebanyak 66 (57,9%) berperilaku patuh dalam menggunakan handscoon,48 (42,1%) berperilaku tidak patuh
Simpulan dari penelitian ini yaitu sebagian besar mahasiswa patuh dalam penggunaan alat pelindung diri, namun prilaku tidak patuh dalam penggunaan alat pelindung diri juga masih dikatakan tinggi sehingga hal tersebut dapat menjadi resiko peningkatan infeksi nosokomial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pihak instansi untuk meminimalisir ketidak patuhan penggunaan alat pelindung diri pada saat praktik klinik.


Yosep Septiawan
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Yosep Septiawan - Personal Name
610.5 SEP g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...