Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Perilaku Cuci Tangan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Sekolah Dasar


Kebiasaan anak-anak mengkonsumsi jajanan secara bebas, ditambah anak-anak tidak melakukan cuci tangan sebelum makan menyebabkan berbagai kuman penyebab penyakit mudah masuk ke tubuh, karenatangan merupakan bagian dari tubuh yang mudah tercemar kotoran dan bibit penyakit. Kebiasaan anak usia sekolah yang tidak melakukan cuci tangan sebelum makan dapat menyebabkan anak usia sekolah mudah terserang diare. Diare adalah penyakit yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi Buang Air Besar (BAB) lebih dari tiga kali dalam sehari disertai perubahan konsistensi tinja (menjadi cair atau setengah padat) dengan atau tanpa lendir atau darah.Salah satu pencegahan terjadinya penyakit diare adalah dengan menjaga personal hygiene.Personal hygiene merupakan suatu pengetahuandan usaha kesehatan perseorangan dengan menjaga kebersihan diri.Salah satu cara menjaga kebersihan diri adalah dengan mencuci tangan.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan perilaku cuci tangan dengan kejadian diare pada anak sekolah dasar.
Metode penelitian ini menggunakan metode systematic literature review.Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi.Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011 s.d 2021.
Hasil penelitian ini berdasarkan 8 artikel penelitian yang didapatkan bahwa perilaku cuci tangan berhubungan dengankejadian diare pada anak sekolah dasar.
Kesimpulan penelitian ini adalahPerilaku cuci tangan berhubungan dengan kejadian diare pada anak sekolah dasar.Saran bagi pelayanan kesehatan agar lebih memperhatikan anak sekolah dasar yang membutuhkan informasi tentang perilaku cuci tangan, dengan adanya penerapan sosialisasi di sekolah agar dapat mengurangi kejadian diare dan mencegah terjadi nya penyakit diare.


Triyanti
Riyanto - Personal Name
Heri Sugiarto - Personal Name
Triyanti - Personal Name
610.5 TRI h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...