Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik Dengan Fungsi Kognitif Pada Lansia


Jumlah lansia di Jawa Barat pada tahun 2019 mencapai 9,71% atau sebanyak 4,76 juta jiwa. Sedangkan di Indramayu pada tahun 2020 mencapai 11,84% dari total penduduk Indramayu Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada golongan lanjut usia adalah gangguan fungsi kognitif. Penurunan tingkat aktivitas fisik diduga menjadi faktor menurunnya fungsi kognitif pada lansia. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan tingkat aktifitas fisik dengan fungsi kognitif pada lansia.
MetodePenelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011 s.d 2021. Sampel penelitian yang digunakan minimal 30 responden.
Hasildari 10 artikel yang dilakukan review didapatkan 9 artikel penelitian yang mengatakan bahwa ada hubungan antara tingkat aktivitas fisik dengan fungsi kognitif pada lansia dengan nilai p value 0,05.
Kesimpulanpenurunan intensitas aktivitas fisik berdampak kepada penurunan fungsi kognitif pada lansia. Saran bagi perawat maupun tenaga kesehatan untuk memberikan upaya promotif kesehatan tentang latihan aktivitas fisik bagi lansia agar menunda penurunan fungsi kognitif pada lansia.

Syarief Hidayah Tullah
Heri Sugiarto - Personal Name
Kamsari - Personal Name
Syarief Hidayah Tullah - Personal Name
610.5 TUL h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...