Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pola Makan Dengan Tingkat Kejadian Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Dasar


Pendahuluan: Masalah kesehatan gigi dan mulut yang dialami oleh anak usia sekolah di antaranya adalah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit jaringan gigi yang ditandai dengan kerusakan jaringan, dimulai dari permukaan gigi mulai dari email, dentin, dan meluas ke arah pulpa. Pada anak usia sekolah dasar memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat kariogenik seperti permen, coklat, biscuit sehingga beresiko mengalami karies gigi. Apabila karies gigi tidak ditangani akan menyebabkan rasa sakit, kehilangan gigi, dan infeksi. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dengan tingkat kejadian karies gigi pada anak sekolah dasar
Metode: Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian dan seleksi literatur berdasarkan prefered reporting items for systematic reviews and metaanalyses (PRISMA)
Hasil: Berdasarkan 5 artikel penelitian diperoleh terdapat hubungan pola makan dengan karies gigi pada anak usia sekolah dasar (p-value = < 0,05).
kesimpulan: Pola makan berhubungan dengan karies gigi.
Saran: Ditujukan untuk perawat agar memasukan intervensi edukasi sebagai upaya kesehatan gigi dan mulut pada anak
Satrio Febriyanto
Riyanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Satrio Febriyanto - Personal Name
610.5 FEB h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...