Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Latihan Keseimbangan Terhadap Risiko Jatuh Pada Lansia


Lansia adalah periode penutup pada rentang hidup seseorang yang dimulai dari usia 60 tahun sampai meninggaldan ditandai dengan adanya perubahan fisik dan psikologis yang semakin menurun. Perubahan-perubahan yang terjadi pada lansia dapat menimbulkan masalah salah satunya yaitu risiko jatuh yang dapat menyebabkan cidera hingga kematian. Terdapat beberapa metode untuk mengurangi risiko jatuh sehingga dapat mengurangi angka kejadian jatuh, salah satunya adalah dengan latihan fisik. Salah satu latihan fisik adalah latihan keseimbangan atau balance exercise. Balance exerciseadalah latihan yang dilakukan secara khusus untuk membantu meningkatkan kekuatan otot terutama pada anggota gerak bawah dan keseimbangan tubuh (sistem vestibular). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari latihan keseimbangan terhadap risiko jatuh.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011 s.d 2021.
Berdasarkan 6 artikel yang sudah dilakukan review didapatkan bahwa latihan keseimbangan berpengaruh terhadap penurunan risiko jatuh pada lansia. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu latihan keseimbangan berpengaruh terhadap risiko jatuh pada lansia.
Saran ditujukan kepada perawat agar memasukan intervensi latihan keseimbangan sebagai upaya preventif pada lansia dengan risiko jatuh.

Riki Iwan Maulana
Riyanto - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Riki Iwan Maulana - Personal Name
610.5 MAU p
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...