Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Prigmigravida Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinan


Kehamilan pertama pada ibu prigmigravida merupakan pengalaman pertama yang dialaminya, sehingga ibu akan mengalami kecemasan. Kecemasan dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan. Semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu maka akan semakin rendah tingkat kecemasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil prigmigravida dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi persalinan.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian dan seleksi literatur berdasarkan Prefered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (PRISMA). Artikel dipilih melalui screening sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011-2021.
Hasil penelitian dari 4 literatur menunjukan ada hubungan pengetahuan ibu hamil prigmigravida dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi persalinan. Simpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi persalinan. Saran untuk tenaga kesehatan untuk melakukan upaya pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang persalinan sehingga dapat menurunkan kecemasannya.

Ratna Ningsih
Titin Hidayatin - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Ratna Ningsih - Personal Name
610.5 NIN h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...