Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor - faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Triage Di Instalasi Gawat Darurat


Kunjungan pasien ke IGD mengalami kenaikan yang cukup signifikan di seluruh IGD rumah sakit dunia. Peningkatan kunjungan tersebut menimbulkan berbagai masalah yang harus segera ditangani untuk dapat memberikan pertolongan yang efisien. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan pelaksanaan triage. Terdapat beberapa faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan triage di IGD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan triage di instalasi gawat darurat.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian dan seleksi literatur berdasarkan Prefered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (PRISMA). Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011 s.d 2021.
Hasil penelitian dari 4 artikel menunjukan faktor pengetahuan, motivasi dan masa kerja atau lama kerja berhubungan dengan pelaksanaan triage di instalasi gawat darurat.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor pengetahuan, motivasi dan masa kerja atau lama kerja adalah faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan triage di instalasi gawat darurat. Saran pada penelitian selanjutnya untuk meneliti faktor pelaksanaan triage lainnya dengan metode literature review.
Bahan bacaan : 17 Buku (2010-2017)
: 18 Jurnal (2011-2021)
Kata kunci
Ninda Uteri
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Novi Dwi Irmawati - Personal Name
Ninda Uteri - Personal Name
610.5 UTE f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...