Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Perawatan Diri Pada Anak Retardasi Mental


Anak yang mempunyai keterlambatan dan keterbatasan dalam perkembangannyasalah satunya anak dengan retardasi mental, pada masa perkembangannya merekamengalamikesulitan untukmemilikikemampuan dalam melakukan perawatandirisendiridancenderungmemilikiketergantungandenganorangtuadankeluarganya.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuihubungandukungankeluargaterhadapkemandirianperawatandiripadaanakretardasimental.
Metode Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review.Artikeldipilihmelaluiscreeningsesuaidengankriteriainklusidaneksklusi.Batasan tahun terbitartikelyaitu dari tahun 2011 s.d 2021.
Hasil penelitian dukungankeluargadidapatkan3artikelmendapat dukungan keluarga,dan 2 artikeltidak mendapat dukungan dari keluarga. Kemandirian perawatan diri didapatkan 1 artikel dengan kategori tidakmandiri,dan 4 artikel dengan kategori mandiri. Berdasarkan 5 artikel penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kemandirian perawatan diri pada anak retardasi mental dengan p value
Nafsiatun Nisa
Titin Hidayatin - Personal Name
Bambang Eryanto - Personal Name
Nafsiatun Nisa - Personal Name
610.5 NIS h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...