Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Phlebitis Pada Pasien Yang Terpasang Infus Di Rumah Sakit


Pendahuluan: Terapi intravena atau terapi infus merupakan tindakan invasif yang dapat menimbulkan komplikasi. Komplikasi yang didapatkan dari terapi infus meliputi infiltrasi, ekstravasasi, trombus, hematoma dan phlebitis. Phlebitis merupakan komplikasi yang paling sering terjadi pada pemasangan infus. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan phlebitis secara literature adalah usia, ukuran kateter, lama pemasangan infus, lokasi pemasangan infus, dan jenis cairan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian phlebitis.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Artikel dipilih melalui skrinning sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi.Batasan tahun terbit yaitu tahun 2011-2021.
Hasil: Berdasarkan 7 artikel penelitian yang didapatkan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian phlebitis yaitu jenis cairan, lama pemasangan infus, lokasi pemasangan infus, ukuran kateter, dan usia. Faktor lain yang dapat menyebabkan phlebitis yaitu jumlah insersi, penyakit penyerta, perawatan infus atau dressing dan teknik pemasangan infus.
Kesimpulan: jenis cairan, lama pemasangan infus, lokasi pemasangan infus, ukuran kateter, dan usia berhubungan dengan kejadian phlebitis. Saran ditujukan untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti faktor stress atau psikologi dan status gizi yang dapat menimbulkan phelebitis.
Intania Indriyani
Wayunah - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Intania Indriyani - Personal Name
610.5 IND f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...