Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2


Diabetes melitus merupakan suatu penyakit terjadinya gangguan proses metabolisme gula darah. Kejadian peningkatan kadar gula darah disebabkan oleh ketidakpatuhan diet pada penderita diabetes melitus tipe 2, pada penderita diabetes melitus tipe 2 supaya patuh dalam melaksanakan diet harus dengan adanya dukungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada penderita diabetes melitus tipe 2.
Penelitian ini menggunakan systematic literatur review. Sumber artikel berasal dari Google Scholar. Pencarian artikel berdasarkan kata kunci serta kriteria inklusi dan eksklusi. Seleksi literature berdasarkan preferred reporting items for systematic reviews & Meta-analyses (PRISMA). Populasi dalam penelitian ini adalah penderita diabetes melitus tipe 2 dengan sampel minimal 30 responden.
Hasil yang didapatkan dari 10 artikel didapatkan bahwa 9 artikel terdapat hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada penderita diabetes melitus tipe 2, dan 1 artikel tidak adanya hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada penderita diabetes melitus tipe 2.
Kesimpulan Pada 10 artikel terdapat bahwa 90% ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada penderita diabetes melitus tipe 2, dan 10% tidak adanya hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada penderita diabetes melitus tipe 2. Saran dari penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan diet pada penderita diabetes melitus tipe 2.
Imam Maulana Yusuf
Bambang Eryanto - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Imam Maulana Yusuf - Personal Name
610.5 YUS h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...