Detail Cantuman Kembali

XML

Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19 Di STIKes Indramayu


Terjadinya pandemiCovid-19 telah membuat banyak perubahan pada sektor pendidikan yang beralih menjadi pembelajaran jarak jauh Perubahan ini memicu munculnya stres akademik terhadap mahasiswa. Stres akademik merupakam suatu respon yang muncul karena terlalu banyaknya tuntutan dan tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Mahasiswa yang mengalami stres akademik akan berpengaruh terhadap proses dan hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat stres akademik mahasiswa keperawatan selama pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi Covid-19 di STIKes Indramayu.
Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatifyang bersifat deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan STIKes Indramayu. Sampel sebanyak 171 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat.
Hasil penelitian diketahui 115 (67,3%) responden mengalami stres sedang, 103 (60,2%) responden mengalami stres sedang berdasarkan respon fisiologis, 126 (73,7%) responden mengalami stres sedang berdasarkan respon kognitif, 106 (62,0%) responden mengalami stres sedang berdasarkan respon afektif dan 83 (48,5%) responden mengalami stres sedang berdasarkan perilaku.
Simpulan pada penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan selama pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi covid-19 di STIKes Indramayu mengalami stres sedang. Penelitian ini diharapkan memberikan gambaran kepada pihak instansi pendidikan sebagai tindak lanjut untuk pencegahan stres pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh.

Gevpie Adiyuliani
Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Gevpie Adiyuliani - Personal Name
610.5 ADI t
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...