Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Perawat Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD)


BantuanHidupDasar (BHD)merupakanusahayangpertamakalidilakukanuntukmempertahankankehidupansaatpenderitamengalamikeadaanyangmengancam. Aspek dasar dari BHD meliputi sudden cardiac arrest (SCA), cardiopulmonary resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru (RJP), automated external defibrillator (AED).Pengetahuan merupakan domain penting untuk dikuasai, karena dengan mengetahui sesuatu kita dapat melaksanakan dan menjadikan pedoman untuk tindakan selanjutnya. Pengetahuan perawat yang cukup tentunya akan menjadi lebih mudah dalam melaksanakan proses keperawatan untuk mengarahkan dan memfokuskan dalam upaya meningkatkanmutu dalam melakukan tindakan Bantuan Hidup. TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengetahuanperawattentangBantuanHidupDasar(BHD).
Metode Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature review. Artikel dipilih melalui Identification, screening, eligibility, dan includedsesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Batas tahun terbit yaitu dari tahun 2011 s.d. 2021.
Hasil Berdasarkan 4 artikel menunjukan bahwa 1 artikel pengetahuan perawat tentang BHD cukupdan 3 artikel berpengetahuan baik.
SimpulanPengetahuan perawat tentang bantuan hidup dasar dalam kategori cukup, baik dan kurang. Saran ditujukan untuk tenaga kesehatan harus meningkatkan pengetahuan tentang BHD melalui proses belajar misalnya dengan mengikuti seminar atau pelatihan tentang BHD.

Ema Nia Kristina
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Bestina Nindy Virgiani - Personal Name
Ema Nia Kristina - Personal Name
610.5 KRI g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...