Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Sibling Rivalry Pada Anak Balita


Pola asuh orang tuamerupakan salah satufaktor yang mempengaruhisibling rivalry. sibling rivalry adalahkecemburuan, persaingan, dan pertengkaranantarsaudarakandungbaikterjadi pada laki-lakimaupunperempuan. Sibling rivalry terjadikarenaanakmerasakehilangan orang tua dan menganggapsaudaranyasebagaisaingandalammendapatkankasihsayangdari orang tuasertasikap orang tua yang sukamembandingkananak. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuihubunganpolaasuh orang tuadengansibling rivalry pada anakbalita.
Penelitianinimenggunakanmetodesystematic literature review. Artikeldipilihmelaluiskriningsesuaidengankriteriainklusi dan eksklusi. Batasan tahunterbitartikelyaitutahun 2011 s.d 2021.Populasipada penelitianiniadalahorang tua yang memilikianakbalitadidalamkeluarga.
Hasil penelitianiniberdasarkan5 artikelteradapat 3 artikel (60%) menerapkanpolaasuhdemokratis dan 2 artikel (40%) menerapkan pol asuhpermisif. Dari 5 artikel terdapat 3 artikel (60%) menalamisibling rivalry dan 2 artikel (40%) tidakmengalamisibling rivalry. Hasil review dari 5 artikeldidapatkan 100%artikelterdapat hubunganantarapolaasuh orang tuadengankejadiansibling rivalry pada anakbalita, dengannilai p value < 0,05.
Kesimpulan pada penelitianiniadalahpolaasuhdemokratisbanyakdipilih oleh orang tuauntukmeminimalkankejadiansibling rivalry pada anak. Saran ditujukanuntukperawat agar dapatmengaplikasikandenganmemberikanpenyuluhankepada orang tuamengenaipentingnyamenerapkanpolaasuh agar tidakterjadisibling rivalry.

Elsa Ainun Innayah
Titin Hidayatin - Personal Name
Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Elsa Ainun Innayah - Personal Name
610.5 INN h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...