Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja


Masa remaja adalah masa dimana seseorang dapat dengan mudahnya terjerumus dalam penyimpangan sosial, termasuk mencoba untuk merokok. Remaja menganggap bahwa merokok adalah sesuatu kebutuhan untuk “Gaul”. Merokok dapat menimbulkan berbagai masalah pada remaja. Masalah yang diakibatkan dari merokok yaitu menyebabkan ketergantungan, membahayakan kesehatan dan mengganggu prestasi belajar di sekolah (penurunan dalam nilai pelajaran). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku merokok pada remaja khususnya faktor pengetahuan, sikap, teman sebaya, dan lingkungan keluarga.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian dan seleksi literatur berdasarkan Prefered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (PRISMA). Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011 s.d 2021.
Hasil penelitian dari 12 literatur menunjukan faktor pengetahuan, sikap, teman sebaya, dan lingkungan keluarga berhubungan dengan perilaku merokok pada remaja.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor pengetahuan, sikap, teman sebaya, dan lingkungan keluarga adalah faktor yang berhubungan dengan perilaku merokok pada remaja. Saran pada penelitian selanjutnya untuk meneliti lebih lanjut faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku merokok pada remaja.
Della Putri Solecha
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Della Putri Solecha - Personal Name
610.5 SOL f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...