Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi


Hipertensi merupakan kenaikan tekanan darah sistolik dan diastolik dalam kondisi istirahat.Kenaikan tekanan darah yang berlangsung dalam jangka waktu lamabisa menimbulkan kerusakan pada ginjal, jantung, serta otak apabila tidak dideteksi secara dini serta menemukan penyembuhan yang mencukupi. Faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah salah satunya adalah kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk pada penderita hipertensi akan mengakibatkan peningkatan aktivitas saraf simpatis yang akan menimbulkan tekanan darah naik. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan tekanan darah pada pasien hipertensi
Metode penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan alur PRISMA.Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi.Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011 s.d 2021.
Hasil penelitian diketahui berdasarkan 8 artikel penelitian yang didapatkan bahwa kualitas tidur berhubungan dengan tekanan darah pada penderita hipertensi.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan tekanan darah pada penderita hipertensi.SehinggaPeneliti menyarankan kepada penderita hipertensi di harapkan untuk senantiasa selalu menjaga durasi waktu tidur, sehingga tidak mengganggu tekanan darah.

Andres Meilino
Bambang Eryanto - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Andres Meilino - Personal Name
610.5 MEI h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...