Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia


Interaksi sosial merupakan hubungan sosial antar individu yang berlangsung lama sepanjang hidupnya dan berdampak positif bagi berlangsungnya kehidupan lansia karena akan mempengaruhi kualitas hidup lansia. Dengan berkurangnya interaksi sosial pada lansia dapat menyebabkan perasaan terisolir, sehingga lansia menyendiri dan pada akhirnya mengalami depresi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan tingkat depresi pada lansia.
Metode penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari 2011 s.d 2021.
Hasil penelitian Berdasarkan 4 artikel penelitian yang didapatkan bahwa ada hubungan antara interaksi sosial dengan tingkat depresi pada lansia.
Kesimpulan penelitian ini adalah Interaksi sosial berhubungan dengan tingkat depresi pada lansia.
Saran Bagi Lansia lebih meningkatkan Interaksi Sosial dengan sesama lansia yang tinggal di lingkungan sekitar masyarakat, keluarga maupun pihak terkait dalam mengurangi terjadinya depresi, dengan cara berperan aktif dalam kegiatan yang di adakan oleh keluarga maupun lingkungan seperti pengajian, acara ibu-ibu PKK dan lain-lain.

Ais Sabilah
Heri Sugiarto - Personal Name
Kamsari - Personal Name
Ais Sabilah - Personal Name
610.5 SAB h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...