Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizofrenia


Gangguan jiwamerupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalamigangguan dalam pikiran, perilaku dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala atau perubahan perilaku yang bermakna, serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan peran seseorang sebagaimana manusia pada umumnya. Salah satu gangguan jiwa berat yang paling banyak adalah skizofreniadengan prevalensi sebanyak 6%. Salah satu cara penanganan untuk mencegah peningkatan kompleksitas skizofrenia yaitu dengan pemberian obat-obatan antipsikotik. Kepatuhan minum obat dari pasien tidak lepas dari peranan penting dari keluarga, sehingga pasien yang patuh pada pengobatan prevalensi kekambuhannya berkurang. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Dukungan Keluarga dengan kepatuhan Minum Obat pada pasien Skizofrenia.
Penelitian ini menggunakan metode literature review. Sumber literatur berasal dari Google scholar. Populasi pada penelitian ini adalah keluarga yang memiliki klien skizofrenia dengan besar sampel minimal 30 responden. Prosedur pencarian dan seleksi literatur menggunakan Prefered Reporting Items for Systematic Reviews & Metaanalyses (PRISMA).
Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien skizofrenia dengan p value
Mif’atul Ungliyah
Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Mif’atul Ungliyah - Personal Name
610.5 UNG h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...