Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pengendalian Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi


Kejadian hipertensi setiap tahun semakin meningkat jumlahnya.Pengendalian tekanan darah merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka kejadian hipertensi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan terkait perilaku pengendalian tekanan darah, namun belum ada yang mengulas secara khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pengendalian tekanan darah.
Penelitian ini menggunakan metodesystematicliterature review. Pencarian dan seleksi literatur berdasarkan Prefered Reporting Items for Systematic rReview and Meta-analysis (PRISMA). Proses identifikasi literatur menggunakan kata kunci yang relevan.
Hasil penelitian terhadap 6 literature menunjukan bahwa adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi. Sedangkan 1 literatur menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pengendalian tekanan darah pada penderita hipertensi.Saran untuk tenaga kesehatan khususnya dibidang keperawatan yaitu perlunya dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pengetahuan penderita hipertensi tentang penyakitnya dan cara pengendaliannya dengan melakukan pendidikan kesehatan.

Naelatus Saadah
M. Saefulloh - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Naelatus Saadah - Personal Name
610.5 SAA h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...