Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Bulliying Pada Remaja


Remaja merupakan usia beresiko tinggi mengalami kekerasan salah satunya yaitu perilaku bullying. Perilaku tersebut salah satunya terjadi di dunia pendidikan seperti sekolah. Perilaku bullying memiliki dampak bukan hanya kepada korban tetapi juga pelaku baik secara fisik maupun mental. Perilaku bullying yang terjadi di lingkungan sekolah tidak terlepas dari pola asuh orang tua yang berperan penting dalam perkembangan perilaku moral. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian dan seleksi literature berdasarkan Prefered Reporting Item for Systematic Review&Meta-analyses (PRISMA). Proses identifikasi literature menggunakan kata kunci yang relevan.
Hasil penelitian dari 4 artikel menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja. Pola asuh yang lebih banyak adalah jenis otoriter dan sebagian besar memiliki perilaku bullying. Pola asuh yang tidak tepat merupakan salah satu faktor terjadinya perilaku bullying pada remaja.
Saran bagi orang tua untuk menerapkan pola asuh yang tepat dan lebih memperhatikan anak. Bagipetugas kesehatan diharapkan untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya orang tua dalam menerapkan pola asuh yang sesuai untuk mencegah perilaku bullying. Bagi intitusi pendidikan agar dapat memberikan mata ajar yang berkaitan dengan perilaku bullying.


Fitria
Bambang Eryanto - Personal Name
Wenny Nugraharti Carsita - Personal Name
Fitria - Personal Name
610.5 FIT h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...