Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Bantuan Hidup Dasar (BHD)


Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support) adalah suatu tindakan pada saat menemukan pasien yang tiba-tiba dalam keadaan tidak bergerak, tidak bernapas, atau tidak sadar, maka periksa respon pasien, apabila pasien tidak berespon cepat lakukan pengaktifan sistem darurat lakukan tindakan Bantuan Hidup Dasar . Oleh karena itu pengetahuan masyarakat tantang bantuan hidup dasar sangat diperlukan karena untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mereview dan mengetahui gambaran pengetahuan masyarakat tentang bantuan hidup dasar (BHD) pada korban bencana.
Penelitian inimenggunakan metode Systematic literature review penelusuran artikel (2010-2020), jenis penelitian primer, dan seleksi literature berdasarkan Sumber literatur berasal dari Portal Garuda dan Google Schoolar. Proses identifikasi literature menggunakan kunci pengetahuan bantuan hidup dasar. Dari 8 penelitian seluruhnya menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasinya masyarakat umum, dan sampel yang digunakan adalah masyarakat umum kecuali tenaga keseharan ataupun total populasi.
Hasilberdasarkan 8 penelitian didapatkan pengetahuan masyarakat tentang bantuan hidup dasar cukup baik, dan salah satu faktor yang berperan penting yang mempengaruhi tingkat pengetahuan tersebut, yaitu pendidikan dan sumber informasi.
Penelitian ini menyimpul bahwa 8 literature review menunjukan hasil penelitian yang cukup baik dari pengetahuan masyarakat dan tentang bantuan hidup dasar, Saran pada penelitian selanjutnya untuk meneliti apakah ada hubungan antara pengetahuan dengan bantuah hidup dasar (BHD).

Abd Haries Hidayat Prasetyo
Riyanto - Personal Name
Heri Sugiarto - Personal Name
Abd Haries Hidayat Prasetyo - Personal Name
610.5 PRA g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...