Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Remaja Di Tatanan Sekolah


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada remaja adalah segala perilaku yang dilaksanakan dengan sadar sebagai hasil pembelajaran yang membentuk remaja untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.Sebagian besar remaja menghabiskan waktu di sekolah sehingga peneliti tertarik ingin melakukan penelitian cara remaja dalam PHBS di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada remaja di tatanan sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode literature review. Sumber literatur berasal dari Google scholar Prosedur pencarian dan seleksi literatur menggunakan Prefered Reporting Items for Systematic Reviews & Metaanalyses (PRISMA). Populasi pada penelitian ini adalah remaja dengan besar sampel minimal 30 responden. Pada penelitian ini, terdapat 9 literatur yang dilakukan reviewoleh peneliti.
Hasil penelitianini menunjukan bahwa penelitian perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada Remaja ditatanan sekolah menyebutkan sebesar 59,38% berperilaku baik dan sebesar 40,62%berperilaku kurang baik. Sehingga dapat disimpulkan mayoritas responden berperilaku baik dalam PHBS.
Simpulan dari penelitian ini sebagian besar 59,38% berperilaku baik dalam PHBS. Saran penelitian diharapkan untuk petugas kesehatan, dapat memberikan pendidikan kesehatan secara rutin disekolah-sekolah untuk meningkatkan perilaku remaja tentang PHBS.

Nur Cahyati
Riyanto - Personal Name
Heri Sugiarto - Personal Name
Nur Cahyati - Personal Name
610.5 CAH g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...